Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi, Ini Fakta dan Pembuktiannya!

Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi – Saat pertama kali menjalani hidup bersama pasangan, hal yang paling diidam-idamkan adalah hadirnya buah hati sebagai pelengkap dalam keluarga. Memiliki buah hati memang akan memberikan warna baru dalam sebuah keluarga. Keharmonisan keluarga bisa lebih terjalin dan bahtera rumah tangga pun bisa lebih terasa.

Saat menemukan tanda-tanda adanya kehamilan, seperti mual atau yang lainnya, pasti beberapa orang langsung melakukan tes kehamilan. Apakah memang ia benar-benar hamil atau tidak. Umumnya melakukan tes kehamilan menggunakan alat khusus yang bisa dibeli di apotik. Tetapi tahukah Anda bahwa kehamilan bisa di tes dengan menggunakan pasta gigi?

Ya, banyak perbincangan mengenai tes kehamilan dengan pasta gigi ini. Ada sebagian yang mengklaim hasilnya cukup akurat dan ada juga yang menyalahkan cara tersebut. Tetapi, untuk megetahui secara pasti penjelasannya, berikut ini sudah kami rangkumkan fakta dan pembuktian mengenai tes kehamilan dengan pasta gigi.

Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi
Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi

Cara Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi

Berita ini sempat viral di berbagai media sosial, dimana seseorang yang melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi atau odol dan hasilnya cukup akurat. Hal ini tentunya mengundang kotroversi di berbagai kalangan masyarakat. Banyak yang berkomentar hal tersebut memang benar adanya dan ada pula yang menyalahkan.

Adapun cara melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut :

Cara Tes Kehamilan Pakai Pasta Gigi
Gambar 1 Cara Tes Kehamilan Pakai Pasta Gigi

  1. Siapkan 2 botol plastik kecil terlebih dahulu.
  2. Tampung urine saat baru pertama kali bangun pagi. Urine pertama ini diklaim mengandung banyak hormon kehamilan dibandingkan urine yang keluar setelahnya.
  3. Di botol yang berbeda, tuangkan pasta gigi secukupnya.
  4. Ambillah beberapa tetes urine yang sudah disiapkan tadi, lalu campurkan ke pasta gigi.
  5. Aduk-aduk hingga merata urine dan pasta gigi.

Jika memang pasta gigi berubah warna menjadi kebiruan dan juga berbusa, berarti hal tersebut menunjukkan Anda sedang hamil. Namun jika sebaliknya, yakni tidak terdapat reaksi apapun, berarti Anda tidak hamil.

Fakta dan Pembuktian Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi

Ada sebagian orang yang melakukan tes kehamilan menggunakan pasta gigi dan hasilnya cukup akurat, dimana campuran pasta gigi dan urine berubah warna menjadi biru serta berbusa, dan memang ia dalam keadaan hamil. Namun, ternyata ada juga seseorang yang melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi ini dan hasilnya kurang akurat.

Menanggapi hal ini, pemilik dan kepala apoteker Oxford Online Pharmacy, Stuart Gale juga ikut berkomentar. Menurutnya tes kehamilan dengan odol atau pasta gigi ini jangan dianggap serius. Boleh melakukan tes ini jika hanya sekedar penilaian sementara untuk adanya kehamilan atau tidak. Hal tersebut karena serangkian tes kehamilan yang dilakukan menggunakan pasta gigi tidak 100% akurat.

Warna biru dan busa yang dihasilkan merupakan proses pengeluaran karbondioksida. Dimana hal tersebut adalah reaksi kimia dari kadar asam yang ada pada urine dan kalsium karbonat yang ada pada pasta gigi. Semakin tinggi asam yang ada pada urine, maka akan semakin banyak pula buih dan busa yang dihasilkan.

Seseorang yang dalam keadaan hamil atau tidak, saat melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi ini hasilnya pasti positif, dimana campuran pasta gigi dan urine menampakkan warna biru dan berbusa. Untuk itu, tes kehamilan satu ini kurang akurat untuk dilakukan.

Alangkah lebih baiknya Anda melakukan tes kehamilan menggunakan alat tes khusus yang biasa dijual di apotik, seperti test pack. Anda juga bisa melakukan tes kehamilan dengan tes darah, dimana untuk hasil dari tes ini lebih akurat. Atau jika memang Anda masih ragu, maka Anda bisa memeriksakan diri Anda ke dokter agar hasil tesnya lebih akurat lagi.

Kesimpulannya, tes kehamilan dengan pasta gigi adalah kurang akurat, dimana hasilnya masih belum membuktikan apakah seseorang dalam keadaan hamil ataupun tidak.

Posting Komentar untuk "Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi, Ini Fakta dan Pembuktiannya!"