Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus dan Cara Pencegahannya

Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus – Penyakit adalah salah satu kondisi yang tentu harus dihindari oleh siapa saja. Pasalnya, jika penyakit memang menyerang bisa membuat tubuh akan terancam, bahkan bisa saja membuat nyawa melayang. Meskipun ada beberapa jenis penyakit yang tidak terlalu berbahaya, tetapi tetap saja yang namanya penyakit akan membuat tubuh tak akan normal seperti biasanya. 

Mengenai cara terserang atau penularannya, ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus. Biasanya, penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki gejala dan penularan yang berbeda dengan penyakit pada umumnya. Namun demikian, dampak buruknya pada kesehatan tubuh sama berbahayanya. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang perlu Anda tahu. 

Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus
Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus dan Cara Pencegahannya

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue (DBD)
Demam Berdarah Dengue (DBD)


Penyakit pertama yang disebabkan oleh virus adalah DBD atau yang memiliki kepanjangan demam berdarah dengue. Penyakit satu ini biasanya akan merusak permukaan kulit dan menurunkan kadar sel darah merah yang ada didalam tubuh. Virus satu ini biasanya dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi virus Dengue dan menularkannya ketika menggigit. Untuk gejalanya sendiri ketika terserang penyakit DBD diantaranya, demam yang tinggi, muncul bintik merah di kulit, dan keluar cairan darah melalui hidung. 

2. Pneumonia

Pneumonia
Pneumonia
Selanjutnya penyakit yang disebabkan oleh virus adalah Pneumonia. Penyakit yang satu ini merupakan radang paru-paru yang biasanya terjadi pada bagian pulmonary Alveolus. Sama seperti penyakit lainnya, seseorang yang menderita penyakit Pneumonia akan mengalami beberapa gejala umum, seperti sesak nafas, demam, dan batuk. Untuk virus yang menimbulkan penyakit Pneumonia ini adalah Virus Sinsitial dan Virus Influenza tipe A & B.

3. Cacar Air

Cacar Air
Cacar Air
Mungkin sebagian dari kita sudah mengalami penyakit yang cukup familiar ini. Ya, cacar air ini sendiri adalah salah satu penyakit menular yang biasanya akan menyerang jaringan kulit, seperti di wajah, tangan, kaki, dan kulit kepala. Sementara untuk gejalanya sendiri yang paling umum adalah munculnya bintik berisi air, ruam merah dan demam. Virus yang menyebabkan cacar air ini sendiri adalah Virus Varisela Zoster.

4. Demam Kuning

Demam Kuning
Demam Kuning
Cukup aneh memang untuk jenis penyakit yang disebabkan oleh virus satu ini. Seseorang yang terserang penyaki demam kuning ini akan mendapati mata dan kulitnya menguning sama seperti namanya. Penyakit ini akan menyerang organ-organ internal, termasuk juga hati sehingga membuat fungsi hati ini menurun. Mengenai gejala yang biasanya sering ditimbulkan adalah demam, menggigil, dan terjadi pendarahan dibagian pori-pori kulit. Untuk penyebabnya, demam kuning ini adalah akibat dari Virus Flavivirus.

5. Hepatitis

Hepatitis
Hepatitis
Kita pasti sudah mengenal yang namanya imunisasi. Ya, pada serangkaian imunisasi ini biasanya juga ada yang namanya penangkal hepatitis yang bertujuan untuk menghindari kita dari penyakit tersebut. Hepatitis sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh Virus Mumps, Cytomegalovirus dan Epstein-Barr yang biasanya akan menyerang bagian hati. Penyakit Hepatitis sendiri terdiri dari beberapa tipe yaitu Hepatitis A, B, C, D, dan E. 

6. Ebola

Ebola
Ebola
Ditahun 2016 lalu sempat heboh penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus yaitu Ebola. Penyakit mematikan ini sendiri akan menimbulkan beberapa gejala umum, seperti muntah-muntah, keracunan, dan hilangnya kesadaran diri. Sama seperti namanya, virus yang menyebabkan penyakit Ebola ini adalah Virus Ebola.

7. Muntaber

Muntaber
Muntaber
Kebanyakan penyakit yang disebabkan oleh virus satu ini menyerang anak-anak, meskipun tak menutup kemungkinan juga akan menyerang orang remaja atau dewasa. Penyakit ini sendiri dalam prosesnya akan menyerang bagian usus sehingga menyebabkan kinerja usus terganggu. Penyebabnya adalah berasal dari makanan dan minuman yang terpapar oleh radikal bebas atau juga kotoran hewan. Untuk nama virusnya sendiri adala Virus E-Coli (Escheriachia Coli).

8. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual (PMS)
Penyakit Menular Seksual (PMS)
Untuk penyakit yang satu ini akan menular pada seseorang dari orang yang sudah terinfeksi saat melakukan hubungan intim. Virus yang menyebabkan penyakit PMS ini sendiri adalah Virus Trichomones Vagindis, Neisseria Gonorrhoeae, dan Treponema Pallidum. Mengenai gejala yang sering ditumbulkan adalah munculnya bintik-bintik  di area kemaluan laki-laki ataupun perempuan yang juga berisi air dan saat dipecahkan akan terasa gatal.

9. Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS)
Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS)
Penyakit yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah SARS yang merupakan penyakit perusak saluran pernapasan sehingga akan menyebabkan terganggunya pernapasan seseorang. Gejala yang sering ditimbulkan seperti, tubuh terasa lemah, sakit kepala, nyeri otot, dan juga demam dengan suhu tubuh melebihi 38 Derajat. SARS juga termasuk dalam salah satu penyakit menular yang biasanya penularannya melalui udara dan angin. Mengenai virus yang menyebabkan penyakit SARS ini sendiri bernama Virus Corona Sars.

10. Campak Biasa

Campak Biasa
Campak Biasa
Menganai penyakit campak ini disebabkan oleh suatu virus yang bernama Virus Morbilivirus. Penyakit yang disebabkan oleh virus satu ini biasanya akan menyerang bagian permukaan kulit dan juga jaringan kulit bagian dalam. Gejala yang sering ditimbulkan seperti, dema, batuk, munculnya ruam merah dan bersin terus-menerus. 

11. Campak Jerman (Rubella)

Campak Jerman (Rubella)
Campak Jerman (Rubella)
Sama seperti penyakit campak biasa diatas, penyakit campak jerman atau rubella ini biasanya juga menyerang bagian kulit. Tetapi yang membedakannya dengan campak biasa adalah dari segi penularannya, dimana rubella ini akan menyerang anak-anak sekaligus orang dewasa dengan proses penularan yang sangat cepat. Untuk nama virus yang menyebabkan penyakit campak jerman ini adalah Virus Rubella.

12. Anthrax

Anthrax
Anthrax
Hati-hati jika memang Anda salah satu orang yang suka atau gemar sekali memakan daging hewan ternak, seperti sapi, kuda, domba atau yang lainnya. Bisa jadi hewan ternak yang Anda konsumsi sudah terjangkit Virus Anthrax sehingga akan menularkannya kepada Anda. Gejala dari salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus satu ini, seperti sesak nafas, sering berhalusinasi dan juga sering muncul bisul gatal.

13. Cacingan

Cacingan
Cacingan
Penyakit yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah cacingan. Penyakit satu ini biasanya akan menyerang anak-anak yang sering bermain di tempat-tempat kotor atau tanah berlumpur. Untuk penyebabnya sendiri, penyakit cacingan bisa diakibatkan oleh makanan dan minuman atau juga tubuh yang sudah terinteraksi langsung dengan telur cacing, bakeri dan juga virus E-Coli. Untuk gejalanya sendiri, seperti tidak semangat, wajah sanga lesu, menurunnya nafsu makan, kecerdasan menurun dan tubuh sangat kurus.

14. Diare

Diare
Diare
Diare ternyata juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus, dimana virus tersebut bernama Rotavirus. Mengenai diare ini sendiri biasanya akan menyerang saluran pencernaan sehingga terjadi kegagalan dalam mengekresikan atau mendapatkan feses yang sempurna. 

15. Leishmaniasis

Leishmaniasis
Leishmaniasis

Mungkin sebagian dari Anda masoh belum tahu persis mengenai penyakit satu ini. Leishmaniasis sendiri adalah suatu penyakit yang nantinya akan menyerang organ internal manusia, seperti hati, limpa dan sumsum tulang belakang, dimana penyebarannya tersebut melaluia peredaran darah.

Penyakit ini diakibatkan oleh virus bernama Protozoa Leishmonia yang biasanya dibawa oleh lalat pasir. Nah, cara penyebarannya sendiri adalah ketika lalat pasir yang telah terinfeksi virus akan menggigit manusia dan terjadi luka, maka itulah waktu penyebaran virus berlangsung. 

16. Flu Zika

Flu Zika
Flu Zika
Untuk penyakit satu ini akan ditularkan oleh gigitan nyamuk dari jenis aedes agepty. Untuk gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gigitam nyamuk demam berdarah. Tetapi yang membedakan hanyalah flu zika ini lebih mudah untuk disembuhkan dan demam yang dialami juga lebih rendah atau tidak lebih dari 38 Derajat. Untuk virus yang menyebabkannya tak lain adalah virus zika.

17. Malaria

Malaria
Malaria
Penyakit malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Anopheles betina yang terlebih dahulu sudah terinfeksi virus. Penyakit tersebut biasanya diakibatkan oleh Protozoa dari Genus Plasmodium. Gejala yang sering ditimbulkan seperti, demam, sakit kepala, menggigil, dan juga muntah-muntah.

18. Polio

Polio
Polio
Selanjutnya adalah polio yang sebagian besar akan menyerang para balita. Penyakit satu ini nantinya akan menyerang sistem saraf sehingga akan membuat penderitanya susah bernafas dan mengalami kelumpuhan. Untuk penyebabnya adalah dikarenakan virus yang bernama Polivirus atau Poliomyelitis. Sementara untuk gejala yang biasanya ditimbulkan antara lain, tubuh terasa lemah, pusing, susah tidur dan juga susah untuk bernafas. 

19. Pasteurellosis atau PES

Pasteurellosis atau PES
Pasteurellosis atau PES
Penyakit yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah PES yang merupakan suatu penyakit yang akan menginfeksi saluran getah bening dan jaringan paru-paru. Penyakit ini sendiri biasanya dibawa oleh jenis hewan pengerat yang tubuh dan air kencingnya sudah terkontaminasi dengan bakteri atau juga virus pesteurellosis. Nama populer dari penyakit yang disebabkan oleh virus ini yakni Kolera.

20. Roseola

Roseola
Roseola
Sama seperti namanya, penyakit satu ini tak lain disebabkan oleh virus Roseola. Penyakit Roseola ini sendiri cenderung menyerang anak-anak dan balita yakni merusak jaringan kulitnya. Gejala yang biasanya ditimbulkan adalah munculnya ruam di kulit yang disertai gatal dan panas.

21. Rabies

Rabies
Rabies
Penyakit yang disebabkan oleh Virus Rabies satu ini biasanya akan ditularkan oleh anjing gila yang terinfeksi Virus Rabies ketika menggigit. Atau bisa juga karena melakukan kontak fisik dengan air liurnya. Luka yang terbuka dan terintegrasi dengan air liurnya biasanya menjadi cara penularan paling sering tidak disadari.  

22. Godongan atau Parotitis

Godongan atau Parotitis
Godongan atau Parotitis
Penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Pamyxo ini merupakan penyakit yang biasanya sering menyerang kelenjar Paroyid. Ini adalah kelenjar yang bertugas memproduksi ludah dalam kadar yang stabil. Seseorang yang terserang penyakit Godongan ini akan mengalami peradangan dan infeksi sehingga leher akan membengkak.

23. HIV AIDS

HIV AIDS
HIV AIDS
Dari sekian penyakit yang disebabkan oleh virus diatas, mungkin penyakit HIV-AIDS inilah yang paling berbahaya dan mematikan, dimana penyakit satu ini disebabkan oleh Virus Human Immunodeficiency. Seseorang yang terserang penyakit HIV-AIDS, tubuhnya tidak akan lagi mampu melawan bakteri dan penyakit yang menyerang tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Gejala awal yang biasanya ditimbulkan adalah mudah terserang flu, mudah lelah, dan tubuh semakin kurus.

24. Herpes Zoster

Herpes Zoster
Herpes Zoster
Penyakit satu ini biasanya akan menyerang kulit bagian perut atau pinggang dengan bentuk cacar air yang melingkar seperti lingkaran ular. Gejala yang ditimbulkan sendiri seperti, demam dan timbulnya bintik-bintik yang berisi air. Virus yang menyebabkan penyakit satu ini adalah Virus Varisela.

25. Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Middle East Respiratory Syndrome (MERS)
Middle East Respiratory Syndrome (MERS)
Untuk penyakit MERS ini disebabkan oleh virus yang bernama Virus Korona, dimana dalam kondisi paling berbahayanya bisa menyebabkan kematian. Penyakit MERS akan menyerang saluran pernafasan manusia sehingga menyebabkan aktifitas bernafas terganggu. Untuk penyebarannya penyakit ini ditularkan oleh unta yang sudah terinfeksi virus ketika seseorang mengkonsumsi dagingnya.

26. Chikungunya

Chikungunya
Chikungunya
Satu lagi penyakit yang disebabkan kerena gigitan nyamuk yang terinfeksi virus, dimana untuk penyakit satu ini dikarenakan nyamuk jenis Aedes Albopictus. Nama virus yang menyebabkannya adalah Virus Togavividae. Gejala yang biasanya ditimbulkan, seperti demam, sesak nafas, dan munculnya bintik merah pada kulit.

27. Bisul di kelamin

Bisul di kelamin
Bisul di kelamin
Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama Human Papillome atau HPV. Penyakit ini akan timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan kelamin dan juga karena melakukan seks bebas. Biasanya bisul berisi cairan tersebut akan tumbuh disekitar kelamin, baik wanita ataupun pria.

28. Demam Hemmorrbagic

Demam Hemmorrbagic
Demam Hemmorrbagic
Satu lagi penyakit disebabkan oleh virus berbahaya yaitu demam hemmorrbagic, dimana penyakit ini diakibatkan virus yang bernama Lymphoytic Choiriomeningitis. Penyakit ini sendiri biasanya akan menyerang bagian kepala yang menyebabkan kepala terasa sangat berat dan pusing yang berlebih dan tak kunjung sembuh. Selain itu, penderita juga akan mengalami nyeri otot, batuk, demam dan muntah-muntah.

29. Kutil

Kutil
Kutil
Mungkin saja penyakit ini tak terlalu berbahaya, namun demikian ia selalu sukses membuat penderitanya tersiksa. Kutil akan mengalami pembesaran yang diakibatkan oleh Virus Human Papillomavirus. Penyakit ini sendiri biasanya akan menyerang bagian kelenjar kulit sehingga menimbulkan benjolan layaknya tumor jinak. 

30. Keluarga Flu (Flu Burung, Flu Singapura, Flu Biasa, dan Flu Babi)

Keluarga Flu (Flu Burung, Flu Singapura, Flu Biasa, dan Flu Babi)
Keluarga Flu (Flu Burung, Flu Singapura, Flu Biasa, dan Flu Babi)
Meskipun sama-sama merupakan penyakit flu, tapi beberapa jenis flu ini berbeda, baik dari segi gejala, penyebab dan cara penularannya. Mengenai virus yang menyebabkan masing-masing flu tersebut, ulasannya dibawah ini :

  • Flu Burung : Penyakit yang disebabkan oleh Virus H5N1
  • Flu Singapura : Penyakit yang disebabkan oleh Virus Coxsackie A16, A6, A10 dan Enterovirus 71
  • Flu Biasa : Penyakit yang disebabkan oleh Virus Influenza tipe A
  • Flu Babi : Penyakit yang disebabkan oleh Virus H1N1

31. Covid-19

Covid-19
Covid-19
Dan yang terakhir adalah yang beberapa waktu lalu sempat melanda banyak negara, termasuk Indonesia. Covid-19 atau yang dikenal juga dengan nama virus corona memang sudah sangat meresahkan. Bagaimana tidak? Virus satu ini mudah sekali menular, bahkan dapat mudah menularkan lewat udara.

Efek yang ditimbulkan oleh virus satu ini, mulai dari demam, sesak napas, bahkan terjatuh dan tidak sadarkan diri. Efeknya semakin parah jika orang yang terpapar punya riwayat penyakit kronis, khususnya sakit paru-paru dan jantung. 

Setelah mengetahui beberapa daftar penyakit yang disebabkan oleh virus diatas, tentunya kini Anda sudah bisa lebih tahu bukan mengenai beberapa penyakitnya. Nah, untuk bisa terbebas dari beberapa jenis penyakit diatas, tentunya perlu langkah pencegahan khusus yang harus Anda lakukan. Mengenai cara mencegah penyakit akibat virus tersebut kami sudah merangkumkannya untuk Anda dibawah ini.

Cara Mencegah Penyakit yang Diakibatkan oleh Virus

Untuk bisa mencegah penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian daya tahan tubuh akan lebih optimal dalam melawan virus yang biasanya menyerang.

Untuk gaya hidup sehat ini sendiri, antara lain, menerapkan pola makan teratur, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar, rutin membersihkan tubuh, olahraga teratur, tidur yang cukup, mengkonsumsi air putih yang cukup, mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C tinggi, dan menghindari orang yang terkena virus menular. 

Dengan menerapkan gaya hidup sehat diatas Anda sudah bisa mencegah yang namanya penyakit yang biasanya diakibatkan oleh virus tersebut. Untuk itu, mulai dari sekarang terapkan gaya hidup sehat ya!

Posting Komentar untuk "31 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus dan Cara Pencegahannya"