Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag yang Mudah

Cara Budidaya Sayuran Organik – Sayuran oraganik merupakan jenis sayuran yang ditanam dengan menggunakan teknik dan media alami, baik dalam penanaman hingga perawatannya. Itu artinya, sayuran organik ini tidak tersentuh bahan kimia sama sekali, di mana pertumbuhannya hanya mengandalkan media dari alam. Karena inilah sayuran organik diklaim lebih sehat, segar, serta punya rasa yang lebih lezat saat dijadikan olahan masakan.

Karena menggunakan bahan alami, tentunya budidaya sayuran organik terbilang lebih mudah dan hemat biaya. Akan tetapi, cara perawatannya harus lebih ekstra serta tahu tata cara budidaya yang benar. Jika salah, bukan tidak mungkin sayuran organik yang ditanam akan rusak, baik karena diserang penyakit, hama atau lain sebagainya.

Bagi anda yang juga ingin berbudidaya sayuran organik, dibawah ini kami punya tipsnya untuk anda. Berikut kami bagikan cara budidaya sayuran organik di polybag yang mudah dan bisa anda praktekkan sendiri.

Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag yang Mudah
Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag yang Mudah

Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag

Pembibitan sayuran

Pembibitan sayuran
Gambar 1 Pembibitan sayuran
Untuk sayuran yang bisa dibudidaya secara organik ini ada beberapa jenis karena ketahannya terhadap hama dan kuat pertumbuhannya. Antara lain kangkung, selada, sawi putih, sawi hijau dan lain sebagainya. Untuk menanam sayuran oraganik ini, anda perlu menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Salah satu caranya yaitu dengan menyemaikan benih bibit sayuran pada media tanam yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu.
Media tanam untuk penyemaian ini, anda bisa menggunakan campuran antara tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:3. Gunakan tempat penyemaian yang cukup lebar seperti bak semai, rak, atau yang lain sebagainya. Bibit yang sudah disemaikan ini, sebaiknya anda siram secara rutin setiap hari pagi dan sore hari.

Penyiapan lahan dan penanman bibit

Penyiapan lahan dan penanman bibit
Gambar 2 Penyiapan lahan dan penanman bibit
Sayuran oragnik ini sebnarnya bisa ditanam pada 2 media, yaitu ditanam langsung ditanah atau dengan memanfaatkan polybag. Namun, kali ini kami akan menjelaskan budidaya sayuran organik di polybag saja. Untuk penanaman sayuran di polybag, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu media tanamnya. Gunakan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:2. Campurkan hingga rata lalu masukkan campuran tersebut ke dalam polybag. Agar sayuran bisa lebih sehat dan aman dari serangan hama, anda bisa memberi atap plastik yang ditopang oleh bambu atau kayu.
Setelah bibit mulai tumbuh, anda bisa langsung memindahkannya pada polybag yang sudah diisi campuran tanah dan kompos tadi. Tanamlah bibit sayuran dengan cara membuat lubang terlebih dahulu lalu masukkan bibitnya. Kemudian tutuplah bibit dengan campuran tanah dan kompos tadi hingga sayuran tertanam sempurna.

Perawatan Sayuran organik

Perawatan Sayuran organik
Gambar 3 Perawatan Sayuran organik
Selanjutnya yang terpenting harus anda lakukan yaitu melakukan perawatan. Untuk perwatan ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menjaga dan mengeceknya secara rutin agar sayuran terhindar dari hama dan penyakit.
Penyiraman juga penting untuk anda lakukan agar sayuran bisa tumbuh lebih subur. Siramlah sayuran secara rutin pagi dan sore hari.
Jangan lupa juga selalu membersihkan gulma dan tanaman pengganggu yang tumbuh disekitar sayuran. Hal ini dilakukan agar nutrisi untuk menjaga kestabilan nutrisi untuk sayuran. Selain itu, pemberian pupuk juga harus dilakukan agar nutrisi ini tetap terjaga. Untuk pupuk yang bisa anda gunakan yaitu pupuk cair organik karena pupuk ini sudah terbebas dari bahan kimia.

Pemanenan sayuran organik

Pemanenan sayuran organik
Gambar 4 Pemanenan sayuran organik
Untuk pemanenan sayuran oragnik ini bisa dilakukan disesuaikan dengan jenis sayuran yang anda budidaya. Karena sayuran oraganik ini memiliki masa pemanenan yang berbeda-beda dan tidak terlalu jauh masanya dengan sayuran biasanya. Untuk cara pemanenannya pun juga demikian.
Demikian tadi cara budidaya sayuran organik di polybag yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan untuk anda semua.

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag yang Mudah"