Konsultasi Kesehatan Seputar Radang Amandel di SehatQ.com


Pernah mendengar orang yang operasi karena radang amandel ? Biasanya penyakit ini menyasar anak kecil karena kebiasaannya mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti micin dan sejenisnya.. Tetapi, tidak menuntut kemungkinan orang dewasa juga bisa dihantui penyakit ini.

Pengertian Radang Amandel

Amandel adalah suatu jaringan yang berbentuk oval yang terletak di bagian belakang tenggorokan manusia. Ada dua bagian amandel yang bisa mengalami peradangan di tenggorokan yaitu di sebelah kiri dan kanan. Peradangan ini biasanya diakibatkan oleh infeksi virus dan juga bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk pada tubuh kita.

Amandel dalam dunia kedokteran dikenal juga dengan istilah tonsil, di mana bagian ini berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk melalui jalur pernapasan. Amandel atau tonsil ini mempunyai peran lain yakni memproduksi antibodi guna melawan infeksi di saluran tenggorokan seperti radang amandel.

Pada umumnya memang sering menyasar anak-anak karena seiring bertambahnya usia, antibodi kita akan semakin kuat. Oleh karena itu, peran dari tonsil sebagai antibodi mulai tergantikan.

Gejala Radang Amandel

Gejala utama dari peradangan pada tonsil adalah adanya pembengkakan atau radang dari amandel itu sendiri. Radang yang sudah masuk kategori parah, ketika pembengkakan yang terjadi menutupi saluran pernapasan sehingga penderitanya sulit untuk bernapas secara normal.

Adapun gejala lain yang turut timbul akibat radang amandel adalah sebagai berikut:
  • Nafsu makan yang berkurang
  • Adanya rasa nyeri di area tenggorokan
  • Ada lecet atau bisul di area tonsil
  • Ada lapisan berwarna putih atau kuning di area tonsil
  • Ketika membuka mulut, amandel berwarna kemerahan
  • Penderita merasa sulit untuk menarik dan membuang napas
  • Suara berubah menjadi serak
  • Diikuti juga dengan rasa sakit pada kepala
  • Sakit telinga
  • Demam
  • Bau mulut yang tidak enak
  • Jika terjadi pada anak, maka ia akan rewel yang tidak wajar
  • Dan banyak lagi, selengkapnya bisa baca di SehatQ

Bagaimana Cara Mencegah Radang Amandel ?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di paragraf awal, radang amandel terjadi karena adanya virus atau bakteri yang masuk pada tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus menjaga kebersihan diri, makanan, minuman hingga lingkungan.

Dari beberapa gejala yang sudah disebutkan, radang amandel ini tidak bisa disepelekan lagi. Orangtua pasti tidak mau buah hatinya mengalami kesulitan dalam bernapas, sulit makan dan minum karena nyeri tenggorokan, hingga demam dan lain-lain. Hal ini sering terjadi karena tidak terjaganya pola makan. Hindari makan makanan yang masih panas atau minuman yang sangat dingin. Usahakan untuk mengurangi suhunya terlebih dahulu, jangan langsung dimakan ataupun diminum.

Selain itu, makan-makanan yang mengandung micin atau MSG yang berlebihan. Radang amandel juga bisa dikarenakan seringnya makan makanan yang pedas. Makanlah dengan cukup, jangan berlebihan di setiap porsinya. Nah, untuk itu atur terus pola makan agar lebih seimbang dan menyehatkan.

Ada banyak cara mencegah radang amandel seperti mencuci tangan sebelum makan, hindari menggunakan peralatan yang digunakan oleh orang lain terlebih lagi jika ia juga terkena radang amandel, ganti sikat gigi jika kamu atau anak anda didiagnosa terkena amandel, rutin minum air putih dan cara-cara lainnya.

Baiklah sekian sedikit informasi tentang mengenal radang amandel, artikel selengkapnya bisa kamu baca di website SehatQ.com yang banyak membahas seputar kesehatan. Platform ini juga terdapat fitur Toko SehatQ juga lho. Kamu bahkan bisa membeli obat-obatan secara online.

Tidak ada komentar untuk "Konsultasi Kesehatan Seputar Radang Amandel di SehatQ.com"